Bapenda, Target: Sertifikasi ISO 9001:2015 (Quality Management System) Pada Pelayanan Samsat Sulut
ISO 9001 merupakan standar internasional di bidang sistem manajemen mutu. Suatu lembaga/organisasi yang telah mendapatkan akreditasi (pengakuan dari pihak lain yang independen) ISO tersebut, dapat dikatakan telah memenuhi persyaratan internasional dalam hal sistem manajemen mutu produk/jasa yang dihasilkannya.
Bapenda Sulut salah satu Perangkat Daerah yang diaudit sebagai pelaksana pelayanan secara langsung kepada masyarakat, dalam implementasi terhadap kesesuaian dan pemenuhan persyaratan, sebagai bukti penerapan Standar Pelayanan Internasional dari Badan Sertifikasi yang terakreditasi United Kingdom Accreditation Service (UKAS) kerjasama dengan PT. Bintang Solusi Utama sebagai Konsultan, dan Guardian Independent Certification sebagai auditornya.
Setelah melalui beberapa tahapan, mulai dari pelatihan, identifikasi, dokumentasi, implementasi sampai dengan internal dan eksternal audit, terdapat 5 UPTD - Samsat yang masih memiliki minor atau deskripsi ketidaksesuaian pada beberapa sarana pelayanan.
Kepala Bapenda Sulut, Olvie Atteng SE, M.Si beserta jajaran KaUPTD PPD Kab/Kota, berkomitment untuk menindaklanjuti hasil audit eksternal dari Tim, untuk mendapatkan Sertifikat ISO 9001:2015. Sertifikasi Standar Internasional tersebut merupakan acuan untuk dapat meningkatkan dan memaksimalkan kualitas pelayanan kepada masyarakat, khususnya pada ruang lingkup Regident Ranmor, PKB, dan pembayaran SWDKLLAJ. (PTIP/ML)
Salah Satu Sertifikat ISO 9001:2015
Awareness dan Internal Audit Training
Komentar
Posting Komentar